Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Senin, 31 Desember 2007

Search Engine Dan Directory

Didunia internet ada dua macam tipe pencarian situs yaitu Search engine dan directory apa itu ??? simak penjelasan di bawah ini :

Search engine merupakan sebuah sistem database yang di rancang untuk mengindex alamat-alamat internet. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya di sebut spider. Pada saat anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis. Spider ini akan memutuskan apakah web yang akan anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera di tetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa anda hasus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang di sebut spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Exscite, Northern Light, Hotbot, dan masih banyak lagi.

Berbeda dangan directory yang meng-index halaman web secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang dimaksud. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kwalitas yang relatif lebih baik. Tapi karena proses semua dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open directory project, Looksmart, dan NBCi.

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 comments:

 
Copyright © 2010 - All right reserved - Belajar Bisnis Online