Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Selasa, 25 Desember 2007

OPT-IN EMAIL

Oleh : Noerhadi W

Bertolak belakang dengan email Spam, maka Opt-in email atau email marketing yang bertanggung jawab ini adalah:

suatu daftar email dari sekian banyak prospek yang secara sukarela meminta untuk dikirimi informasi berkaitan dengan usaha atau bisnis kita.

Opt-in email ini diperoleh dari pengunjung yang telah memasuki suatu website dengan penawaran-penawaran akan informasi gratis tentang produk yang kita tawarkan atau penawaran download produk digital secara gratis, atau penawaran Tutorial Gratis yang sedang anda baca ini misalnya :)

Dengan Opt-in email para pemilik email juga sangat dihargai sebab diberi kesempatan untuk keluar dari daftar Opt-in email atas kehendak mereka sendiri dengan memberi link URL kecil yang bisa di klik sewaktu-waktu untuk menghapus dari daftar Opt-in email secara otomatis.

Promosi dengan email marketing yang bertanggung jawab (Opt-in email) mempunyai keuntungan:

Mengirimkan suatu penawaran kepada orang-orang yang sudah tertarget. Tidak akan menyebabkan gangguan kepada sipenerima email sebab mereka sudah secara sukarela mengijinkan anda untuk memberikan informasi.

Respon lebih cepat dan kadang-kadang anda akan bisa menerima order beberapa menit setelah penawaran anda kirimkan.

Tidak akan menyebabkan gangguan pada ISP sebab tidak ada komplain dengan penawaran anda.

Dapat mengirimkan penawaran-penawaran produk, mem-follow up serta bisa terus-menerus berhubungan dengan pelanggan dengan biaya yang relatif murah Bisa secara terus-menerus memprospek / menawarkan produk kepada mereka yang belum pernah membeli produk kita tanpa resiko di komplain berbuat spam.

Menawarkan produk ke pelanggan setia lagi dan lagi secara terus-menerus tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra lagi

CONTOH KASUS

Pada tahun 1999, Mark Provo dari perusahaan Provo & Gladwell Associates telah mengembangkan dan membuat suatu software yang handal. Dan dia ingin memasarkan software-nya tersebut melalui internet. Perusahaan tersebut tidak tanggung-tanggung untuk melakukan gebrakan pasar, perusahaan tersebut menyewa Web Developer untuk membuat web site dan menempatkannya di urutan paling atas di semua search engine populer.

Hasilnya: Hanya sedikit sekali mendapatkan penjualan. Biaya mahal tapi hasilnya tidak sebanding bahkan sangat mengecewakan.

Untuk meningkatkan penjualan mereka melakukan SPAM dengan mengirim email yang berisi penawaran harga ke 1.000.000 (1 juta) alamat email. Hasilnya: Sangat sangat mengecewakan! Hanya mendapatkan penjualan sebesar $100 atau sekitar Rp. 850.000,- dan lebih parah lagi, perusahaan tersebut mendapat balasan email dari mereka berupa caci maki dan komplain.


Pada suatu kesempatan lain, Mark Provo mengirim email yang berisi penawaran yang sama ke anggota milis dia sendiri yang berjumlah 8.000 orang yaitu mereka yang pernah membeli produk sebelumnya atau yang pernah meminta informasi gratis dari web site-nya. Dan hasilnya: Dia berhasil mendapatkan penjualan sebesar $ 190.000,- atau sekitar Rp. 1.615.000.000 ( 1.5 milyar rupiah lebih) dan tidak ada komplain sama sekali (zero complain).


Itulah keuntungan Mark Provo mempunyai Opt-in Email sendiri.
Bagaimana dengan anda ...?


Anda bisa mengambil contoh seperti apa yang dilakukan oleh Mark Bravo ini untuk mengembangkan bisnis online anda secara signifikan dan tertarget. Dengan metode ini anda tidak saja bisa meraup keuntungan yang cukup besar, tetapi anda juga bisa menjalin hubungan yang erat dengan para pelanggan anda secara terus menerus.


Artikel By Oleh : Noerhadi W
http://www.klikabadi.com/?id=xtraincome

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

1 comments:

kang ogepz mengatakan...

Trims infonya sangat membantu.
http://ogepz.blogspot.com

 
Copyright © 2010 - All right reserved - Belajar Bisnis Online