Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Kamis, 08 April 2010

Bagaiman Search Engine Bekerja ?

Sesuai dengan namanya Search Engine dibuat untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah informasi. Informasi tersebut dapat beruba situs web, gambar, informasi dan jenis file lainnya.

Salah satu contoh Search Engine yang terbaik adalah Google. Google Search Engine merupakan mesin pencari yang dimiliki oleh Google.Inc. Google mampu menerima ratusan juta pencarian per harinya dengan berbagai metode atau cara. Untuk mencari sebuah informasi yang anda inginkan, anda harus mengetikan kata kunci atau keyword yang disediakan oleh mesin pencari tersebut, dan dalam hitungan detik, semua informasi yang berhubungan dengan kata kunci yang anda masukkan akan ditampilkan.

Beberapa mesin pencari lainnya selain Google adalah Yahoo, Forestle, Ask.Com dan lain-lain atau Microsoft dengan Bing Bing nya.

Mesin pencari tersebut bekerja dengan menyimpan informasi dari seluruh halaman web yang diambil langsung dari script HTML yang digunakan. Halaman web yang akan diambil secara otomatis kemudian isi dari halaman web tersebut akan dianalisa sedemikian rupa agar halaman tersebut dapat diindeks. Data dari sebuah halaman disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan selanjutnya. Setiap Query terdiri dari satu kata. Tujuan dari indeks ini adalah untuk memungkinkan sebuah halaman dapat ditemukan secepat mungkin.

Beberapa mesin pencari, seperti Google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang dikenal sebagai cache serta informasi tentang halaman web, sedangkan yang lain seperti Altavista menyimpan setiap kata dari setiap halaman yang mereka temukan. Cache halaman ini selalu memegang pencarian teks yang sebenarnya karena merupakan salah satu yang sebenarnya diindeks, sehingga dapat sangat berguna bila konten dari halaman saat ini telah diperbarui dan istilah pencarian tidak lagi di dalamnya. Masalah ini mungkin dianggap sebagai bentuk ringan dari akar link, dan penanganan Google itu meningkatkan kegunaan dengan harapan pengguna memuaskan bahwa istilah pencarian akan kembali pada halaman Web. Ini memenuhi prinsip heran setidaknya sejak pengguna biasanya mengharapkan istilah pencarian berada di halaman kembali. Peningkatan relevansi pencarian membuat halaman-halaman cache sangat berguna, bahkan di luar fakta bahwa mereka mungkin berisi data yang mungkin tidak akan tersedia lagi tempat.

Ketika pengguna memasukkan sebuah query atau kata kunci/keyword pada sebuah mesin pencari, mesin memeriksa indeks dan memberikan halaman web yang paling cocok menurut kriteria.
Indeks dibangun dari informasi yang tersimpan dengan data dan metode yang informasi diindeks. Sayangnya, tidak ada satu mesin pencari yang memungkinkan pencarian dokumen berdasarkan tanggal. Kebanyakan mesin pencari mendukung penggunaan operator Boolean AND, OR dan NOT untuk lebih menentukan permintaan pencarian. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang berisi kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian untuk memberikan yang "terbaik" hasil pertama

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

1 comments:

Pencari Rejeki mengatakan...

Ternyata kerja mesin pencari lebih rumit ya. http://kwaron.blogspot.com

 
Copyright © 2010 - All right reserved - Belajar Bisnis Online