Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Senin, 11 Februari 2008

Hukum Motivasi - Motivasi, Sekali Tercapai, Tidak pernah Berlangsung Selamanya

Hukum ini berasal dari satu kesalahan pertimbangan manajemen yang umum. Saya menghadiri banyak konferensi setiap tahunnya dan salah satu sasaran utama konferensi perusahaan adalah untuk mengumpulkan semua orang bersama-sama, menyampaikan informasi tentang hasil masa lalu, menceritakan berita kepada mereka, dan memperkenalkan target serta rencana untuk masa depan. Secara keseluruhan sasarannya adalah membuat delegasi dan peserta konferensi kembali pulang dengan membawa pemikiram yang segar dan bermotivasi tinggi. Dan kenyataannya sebagian besar konferensi betul-betul berhasil mencapai sasaran tersebut.
Akan tetapi motivasi dan pemikiran yang masih hangat itu tidak abadi. Ibarat meniup sebuah balon jika Anda tidak mengikat satu simpul di ujungnya, udara di dalamnya akan keluar lagi. Motivasi perlu dan harus merupakan suatu proses berkesinambungan. Moativasi bukan sebuah pendorong yang diperlukan sekali satahun.

Beberapa organisasi mempunyai kebiasaan tahunan memberikan kepada setiap anggota staf kesempatan untuk bertemu serta berdiskusi secara pribadi dengan atasan mereka. Dalam kesempatan seperti itulah gagassan mereka dihargai. Tentu saja kebiasaan tahunan seperti itu bisa merupan pelaksaan yang bersifat motivasi dan bisa juga bersifat memperlamah moativasi. Tetapi maksud pemberiaan penghargaan, jika tersebut dilaksanakan dengan tepat, adalah bersifat motivasi dimana seseorang mendiskusikan kekuatan dan kelemahan dan mempersiapkan rencana kegiaatan serta peningkatan diri untuk masa depan.

Tetapi di dalam beberapa organisasi inilah satu-satunya kesempatan di mana gagasan seseorang dibicarakan dengan atasan, dan kesempatan itu hanya sekali dalam setahun. Maka dengan mengandaikan bahwa pujian bisa bersifat motivasi, terlepas dari tuntutan utama untuk mengoreksi unjuk kerja atau pelaksanaan yang tidak produktif, adalah masuk akal juga untuk secara teratur dalam rentang periode yang lebih singkat, misalnya setiap kuartal tahun,memberikan pujian serupa itu.

Tetapi itu hanyalah satu contoh memotivasi secara berkesinambungan. Kita akan melihat lebih banyak gagasan dengan terus membaca buku ini tentang bagaimana cara memotivasi orang lain. Tetapi harap diterima bahwa hanya karena seseorang sudah termotivasi hari ini, tidaklah berarti mereka akan termotivasibesok.

Seseorang dapat termotivasi ditempat kerja mereka dan menjadi kurang termotivasi dalam lingkungan rumah mereka, dan sebaliknya. Hal itu sendiri bisa menjadi alasan yang cukup baik mengapa setiap individu perlu memahami daya motivasi, memahami diri mereka sendiri, bagaimana mereka merasa dan mengapa mereka bereaksi; apa yang menyebabkan mereka menjadi bahagia atau tak bahagia, serta apa yang mengilhami mereka untuk berbuat sedikit lebih banyak.

Kita semua harus memahami apa yang sesungguhnya menghambat motivasi kita, kemudian bertindak untuk mencegahnya, sesering mungkin.

Saya dapat menjadi kurang termotivasi oleh mobil yang mogok atau sepucuk surat dari manajer bank yang datang pada hari sabtu pagi. Sejak itu saya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah atau menghilangkan sebab-sebab penghambat motivasi itu. Perawatan dan pemeliharaan yang teratur atas kendaraan tentu saja sangat efektif.

Menyangkut hubungan dengan bank, kami kemidian melakukan suatu wawancara dan saya menjelaskan syarat-syarat bagaimana keadaan rekening saya dan jika sekiranya ada surat sampai di rumah saya pada suatu hari sabtu pagi, rekening akan dipindahkan!

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

1 comments:

Bandung Virtual Assistant mengatakan...

saya udah transfer untuk ikutan earninghome, Rp. 70.409, tapi saya lupa kemana konfirmasinya, kok ga ada konfirmasi ke imel saya ttg hal ini ke: bisnisonline21@yahoo.com

saya transfer dari mandiri a.n.
bagus ramdan
132 000 31 44 681

 
Copyright © 2010 - All right reserved - Belajar Bisnis Online