Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Sabtu, 22 Desember 2007

Apa yang Harus Anda perhatikan sewaktu membuat dan Menulis Email?

oleh Bob Julius Onggo

"Tampilan yg bagus" sangatlah penting bagi e-mail Anda. Namun hal  ini seringkali kurang diperhatikan oleh banyak pengguna e-mail. Satu hal yg pasti adalah isi dari e-mail Anda akan ternoda apabila pesannya sendiri tidak terlihat bagus.

Apakah Anda pernah menerima suatu e-mail dgn isi tulisan tidak beraturan dan terdapat karakter ASCII? atau panjang tulisan setiap baris tidak beraturan dan mulainya kata-kata per baris tidak pada karakter yang sama?

Saya jamin pasti Anda pernah mendapatkannya. Sebenarnya ada dua alasan utama mengapa tulisan yang terdapat pada e-mail bisa terlihat seperti itu. Alasannya mungkin sederhana, karena banyak pemakai e-mail tidak mengerti dengan benar.

Alasan pertama adalah soal panjangnya baris. Sewaktu mereka menulis surat, kebanyakan orang hanya terus mengetik dan mengetik tanpa memperhatikan 'word wrap'. Mereka hanya melihat apa yang terlihat bagus saja pada program penyunting dan pembaca e-mail mereka yang biasanya sekitar 70 hingga 80 karakter, namun mereka tidak memperhatikan bahwa standar 'word wrap' setiap program e-mail berbeda.

Jadi kalau Anda tidak memperhatikan hal ini, e-mail yang telah Anda ketik rapi maka akan terlihat berantakan bila penerimanya tidak menggunakan program pembaca e-mail yang memiliki kemampuan membaca format yang sama.

O.K. sekarang apa yang harus Anda lakukan? Sederhana! Sewaktu membuat dan mengetikkan e-mail buat dengan format tidak lebih dari 65 karakter per baris. Dengan demikian surat e-mail yang diterima resipien Anda tidak akan berantakan !

Contoh lain dari tampilan e-mail yang "lucu" adalah font karakter yang tidak proporsional. Kenapa? Karena semua program e-mail berbeda-beda. Begitu juga font yang digunakan oleh tiap-tiap program bervariasi. Maka saya sarankan adalah menggunakan font yang umum seperti Courier (seperti Eudora), Arial, helvetica (seperti AOL dan Compuserve)

Dengan font jenis di atas atau disebut juga fixed-pitch, semua karakter yang terdapat di dalam paragraf akan pas tertata rapi. Dan tampilannya terlihat sama pada program pembaca e-mail Anda!

Sekali lagi, Saran saya adalah apabila Anda berencana untuk mengirim pesan e-mail semacam itu, maka buatlah percobaan dengan mengirimkannya ke teman yang menggunakan program e-mail yang berbeda.

Ada kemungkinan ketiga walaupun agak sedikit terjadi, namun Anda harus tahu. Banyak program pengolah kata atau teks walaupun dapat menyimpannya dalam format lain (seperti ASCII) dan terlihat bagus, namun pada waktu dikirim via internet akan terlihat berantakan.

Mungkin Anda pernah menerima pesan e-mail seperti ini dengan tampilan karakter "U" di dalam teksnya. Untuk menghindari masalah ini, gunakan saja metode "cut/paste" atau "copy/paste" untuk membuang teks dari suatu dokumen yang dibuat dari program lain.

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 comments:

 
Copyright © 2010 - All right reserved - Belajar Bisnis Online